--> Skip to main content

Paus Yohanes Paulus II Bukanlah Orang Pertama yang Mengajukan Misteri Bercahaya untuk Rosario

Paus Polandia mungkin telah menemukan inspirasi pada seorang santo yang dia kanonisasi setahun sebelum menulis ensikliknya.

Ketika umat Katolik berdoa Rosario, sebenarnya kita sedang merenungkan berbagai peristiwa dalam kehidupan Yesus Kristus sambil berpindah dari manik-manik ke manik-manik. Meditasi ini secara tradisional disebut "misteri" dan pertama kali dikembangkan oleh Santo Dominikus pada tahun 1214.

Awalnya Santo Dominikus mengembangkan misteri ini sebagai metode katekese untuk mengajar mereka yang tersesat oleh bidah Albigensian. Dia mengelompokkannya menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai misteri Sukacita, Duka dan Mulia, berusaha untuk membenamkan umat beriman ke dalam momen-momen penting dalam kehidupan Yesus.

Ketika merenungkan misteri ini, Santo Yohanes Paulus II menganggap celah yang tidak tercakup oleh tiga kelompok tradisional. Dia menulis pada tahun 2002 dalam ensiklik Rosarium Virginis Mariae , “Namun, saya percaya bahwa untuk menampilkan sepenuhnya kedalaman Kristologis Rosario, akan cocok untuk menambahkan pola tradisional yang, sementara diserahkan pada kebebasan individu dan komunitas, dapat memperluasnya untuk memasukkan misteri pelayanan publik Kristus antara Baptisan dan Sengsara-Nya.”

Yohanes Paulus II ingin Rosario menjadi "'ringkasan Injil,'" di mana itu termasuk "meditasi pada saat-saat tertentu yang sangat penting dalam pelayanan publiknya ( misteri terang )." Ini diusulkan sebagai berikut:

  • Pembaptisan di Sungai Yordan
  • Pesta pernikahan di Kana
  • Proklamasi Kerajaan Allah
  • Transfigurasi
  • Lembaga Ekaristi

Yang menarik adalah meskipun dia tidak pernah menyatakan secara terbuka sumber inspirasi ini, setahun sebelumnya pada tahun 2001 Yohanes Paulus II membeatifikasi Santo George Preca, seorang imam Karmelit dari Malta. The Vatican biografi catatan bagaimana Preca, “Pada tahun 1957 ... menyarankan penggunaan lima 'Misteri of Light' untuk pembacaan pribadi Rosario.”

Menurut Karmelit , divisi Preca sendiri dari "Misteri Cahaya" memiliki kemiripan yang luar biasa dengan Yohanes Paulus II.

  • Setelah Yesus dibaptis di sungai Yordan, dia dibawa ke padang gurun.
  • Yesus menyatakan dirinya sebagai Tuhan yang benar melalui perkataan dan mukjizat.
  • Yesus mengajarkan Ucapan Bahagia di gunung.
  • Yesus berubah rupa di gunung.
  • Yesus mengambil makan malam terakhirnya dengan para Rasul.

Yohanes Paulus II tidak pernah mengungkapkan apakah Santo George Peca mengilhami keputusannya, tetapi apa yang dapat dikatakan adalah bahwa kedua orang kudus melihat kesempatan untuk membuat Rosario lebih mencerminkan kehidupan Kristus secara lebih penuh.

Selain itu, sementara pengenalan Misteri Bercahaya Rosario memiliki bobot dukungan kepausan, Yohanes Paulus II juga menjelaskan bahwa apa yang dia persembahkan tidak dimaksudkan sebagai pemaksaan pada pengabdian pribadi.

Indikasi ini tidak dimaksudkan untuk membatasi kebebasan yang sah dalam doa pribadi dan komunitas, di mana kebutuhan spiritual dan pastoral harus diperhatikan dan terjadinya perayaan liturgi tertentu yang mungkin memerlukan adaptasi yang sesuai. Yang paling penting adalah Rosario harus selalu dilihat dan dialami sebagai jalan kontemplasi.

Pada akhirnya, Yohanes Paulus II ingin lebih memfasilitasi doa individu dan menghembuskan kehidupan baru ke dalam tradisi yang dicintai. Dia melihat Misteri Bercahaya sebagai cara bagi umat beriman untuk masuk lebih penuh ke dalam kehidupan Yesus dan "pintu masuk ke kedalaman Hati Kristus, samudera sukacita dan terang, penderitaan dan kemuliaan".

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar